Rabu, 24 Oktober 2012

Setiap Habis Ramadhan



Rabu, 8 Dzulhijjah 1433 H

......Setiap habis ramadhan, hamba rindu lagi ramadhan. Saat-saat penuh beribadah, tak ternilai mahal harganya.......

 Kutipan lagu berjudul “setiap habis ramadhan” karya Bimbo itu sudah tak asing ditelinga kita. Lagu Bimbo seolah menjadi lagu wajib selama bulan ramadhan. Meski bermunculan banyak musisi baru yang mencipta lagu religi, namun lagu Bimbo seolah abadi. Mengapa. Salah satu jawabnya adalah lirik lagunya yang sarat isi.

Seperti lagu “setiap habis ramadhan”. Menceritakan bagaimana kerinduan seorang kepada ramadhan. Rindu beribadah dan melakukan kebaikan lainnya. Namun disayangkan banyak diantara kita yang justru berprilaku sebaliknya. Selepas ramadhan kembali pada kegiatan sebelum ramadhan. 

 Satu bulan penuh kita dilatih untuk melakukan kebaikan, sudah seharusnya selepas ramadhan kebaikan itu tetap kita laksanakan. Apa saja kebaikan yang harus tetap kita pertahankan? Menepati janji, adalah tindakan pertama yang dilakukan saat bulan ramadhan. Sebelum masuk bulan ramadhan kita sudah berniat berpuasa, bahkan setiap malam kita membaca niat dan janji itu. Selama satu bulan kita berusaha menaati janji yang sudah kita ucapkan sebelumnya. Sudah selayaknya setelah ramadhan kita tetap menepati janji yang sudah kita buat. Apapun bentuk janjinya dan kepada siapapun kita telah berjanji. Bisa kepada atsan, relasi, teman, atau keluarga. Tepatilah janji yang telah kita ucapkan. 

 Jujur, adalah tindakan yang harus kita pertahankan. Selama ramadhan kita dilatih untuk jujur, tidak sekalipun batal puasa meski tidak ada yang melihat. Sudah seharusnya kita juga jujur ditempat kerja. Meski tidak ada yang melihat dan mengawasi kita tidak akan melakukan kecurangan.

 Disiplin dan tepat waktu. Selama ramadhan kita selalu disiplin, bahkan terlalu disiplin. Sebelum maghrib kita sudah duduk didepan meja makan sehingga saat masuk waktu maghrib kita langsung berbuka. Seharusnya kebiasaan baik ini bisa diterapkan setelah bulan ramadhan. Sebelum jam kerja dimulai sebaiknya kita sudah berada di kantor atau lokasi kerja, sehingga kita tidak terlambat memulai aktifitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar