Senin, 25 Februari 2013

Colombus dan sebuah telur




14 Rabi'ul Akhir 1434 H
Konon setelah menemukan benua baru nama Christoper Colombus menjadi sangat terkenal di seantero negeri. Dia diagung-agungkan oleh raja dan seluruh rakyat. Namun ternyata ada beberapa kaum bangsawan yang merasa iri dengan keberhasilan Colombus.

 “Apa hebatnya Colombus, dia hanya berlayar dan secara kebetulan menemukan tanah baru di seberang lautan,”begitu ucap mereka.

Mengetahui hal itu, Colombus pun mengundang para bangsawan untuk jamuan makan di rumahnya. Di hadapan para bangsawan yang hadir, Colombus mengajukan sebuah tantangan. “Mari kita bertanding untuk membuktikan siapa yang lebih baik, semua gelar dan kekayaanku akan aku berikan kepada siapa pun yang sanggup menerima tantanganku,”kata Colombus.

Para bangsawan pun menerima tantangan itu. Lalu Colombus membagikan telur rebus kepada setiap bangsawan yang datang. “Siapa yang bisa membuat telur ini berdiri tegak di atas meja, dialah pemenangnya,”kata Colombus

Sesaat kemudian para bangsawan yang hadir mulai disibukkan dengan tantangan Colombus. Berbagai cara mereka lakukan agar telur itu bisa berdiri tegak. Namun hal itu bukan perkara mudah. Permukaan telur yang bulat tentu mustahil untuk membuatnya berdiri tegak. Semua telur menggelinding dan jatuh ke lantai.

Kini tiba giliran Colombus. Ia berdiri di samping meja sambil memegang telur. Diletakkannya telur itu di atas meja dengan sedikit menekan hingga bagian bawah telur remuk, dan telur pun berdiri tegak.

 “Kalau cuma seperti itu kami juga bisa,”kata seorang bangsawan

 “Nah, mengapa tidak kalian lakukan,”jawab Colombus.   

Seringkali kita menemukan ide atau gagasan namun takut untuk mewujudkannya. Cerita diatas mengajarkan bahwa kesuksesan akan tercapai jika kita mempunya keberanian untuk mewujudkan sebuah ide dan gagasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar